Beberapa faktor penentu keberhasilan bisnis digital musik:
1. Materi lagu yang bagus, baik secara kualitas musikalitas, diterima oleh pasar Indonesia dan secara kualitas rekaman memiliki sound recording yang bagus.
2. Perencanaan kegiatan promosi yang matang. Dari mulai penentuan konsep dan packaging artist, pemilihan lagu yang dijagokan, strategi promosi yang menggabungkan semua media (elektronik, print, social media), pengaturan promosi lagu dan artist serta promosi music digital (RBT, Ringtone, Full track, dll).
3. Program promosi digital yang dilakukan bekerjasama dengan Operator Selular. Besaran trafik download akan semakin berpotensi banyak apabila konsep dan program promo konten digital dilakukan bersama-sama dengan Operator Selular. Kerjasama dan kedekatan dengan pihak Operator Selular menjadi kunci penting untuk keberhasilan promosi music Digital khususnya RBT. Menurut pengalaman pihak pihak yang bekecimpung di dunia RBT, komposisi trafik RBT dari program promosi dengan Operator Selular mencapai porsi 70% dari total trafik yang didapat sari suatu program promosi Music Digital. Intinya program promosi yang dilakukan produser/master owner harus fokus pada 2 kegiatan utama, yaitu: Pomosi Lagu dan Artist serta Promosi Content Digital dengan bekerjasama dengan Operator Selular.
4. Kerjasama promo Content Digital dengan Media partner. Exposure kode digital content (kode RBT) yang tersebar di semua distribution channel, akan menambah potensi trafik RBT. Misalnya promosi kode RBT pada Video Clip, spot TVC, Radio ad, credit title dari soundtrack film atau sinetron, website, social networking, email blast dan print media.
Semua promosi yang dilakukan pada intinya bertujuan:
1. Supaya lagu diputar dimana-mana
2. Supaya kode content (RBT, fulltrac, ringtone) tersebar di semua media
Jika semuanya sudah dilakukan dan direncanakan dengan matang, kita tinggal menunggu hasil trafik yang akan terjadi, seberapa besarkah keuntungann yang akan didapat.
Beruntung pelaku digital music di Indonesia saat ini, karena potensi pendapatannya yang tinggi mengingat pengguna handpone yang terus meningkat di tanah air. Saat ini diperkirakan ada 180 juta penduduk Indonesia yang sudah menggunakan Handpone, yang secara langsung maupun tidak langsung menjadi target market pengguna Digital Music Content, khususnya RBT.
Jika saat ini penikmat RBT mencapai 10% dari seluruh pengguna Hanphone, maka ada sekitar 18 juta orang pelanggan RBT setiap bulannya. Kalo rata-rata pendapatan RBT sebesar Rp 4000,- lagu/bulan, maka total omset penjualan RBT mencapai Rp 72 Milyar/bulan.
Cukup besar potensinya kan? hmmm...anda tertarik??
http://digital-musik.blogspot.com
sumber: Gagan Gandara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar